Kamis, 05 Maret 2015

[Resensi] What The Dog Saw and Other Adventures


Judul : What The Dog Saw and Other Adventures
Penulis : Malcolm Gladwell
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2009
Tebal Buku : 480 halaman
Genre : Non Fiksi, Ekonomi, Psikologi, Bisnis, Sosiologi
Rate : 4 out of 5 stars

Sebelum lanjut nyeritain isi buku ini, gue mau basa basi busuk dulu dikit bentar di awal, haha. Lama banget ga ngeresensi buku berasa kangen dan bingung mau mulai dari mana huehehe. Sekarang abis baca buku lanjut ke buku berikutnya tanpa ngeresume dulu buku sebelumnya. Tapi kalo dipikir-pikir lagi, ngeresume buku bukan selalu bertujuan untuk ngeshare ke orang lain. Itu juga tujuan sih, tapi utamanya untuk gue sendiri, siapa tau lagi mau buka-buka buku yang udah pernah gue baca dan ingin tau garis besarnya, meskipun gue jarang lupa hehe. Mmm, tapi terlebih ngeresensi itu jembatan antara melatih menulis dan membaca, thats it. Jadi semoga gue lebih rajin lagi ngeresensi nya ya, ho!

Cukup lama gue baca buku ini, bukan karena males atau ga menarik. Tapi banyak banget istilah ekonomi yang enggak gue ngerti. Mulai dari bahasan tentang saham (yang tentunya bukan bahasan saham ecek-ecek) , opsi (yang ini gue ga ngerti banget), dan bahasan tentang ekonomi lainnya yang berlatar belakang negeri paman sam, which is emang mainannya tentang ekonomi makro yang enggak gue ngerti wqwq. But yah, positivenya sekarang gue mayan lah ngerti, walopun nggak paham-paham amat, tapi nggak bego-bego amat hehe.

Bisa dibilang penulisnya, Malcolm Gladwell seolah cerita alias ngedongeng ke pembacanya. Karena bahasa yang digunakan memang seperti sedang bercerita. Atau bisa disingkat menjadi buku yang berisi kumpulan kisah yang berhikmah, tapi cerita yang disajikan bukan kisah sehari-hari layaknya Chicken Soup, melainkan cerita yang diambil dari kisah yang pernah terjadi pada perusahaan-perusahaan papan atas yang tidak pernah dipublish, atau kisah dibalik penemuan barang / makanan yang sekarang ada di sekeliling kita (misal : saos tomat, dll). Karena latar belakang penulisnya sendiri adalah kolumnis di New Yorker yang pasti sudah banyak mendengar atau berbincang langsung dengan narasumber yang beliau tulis.

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian; bagian pertama tentang 'genius minor' , disini Gladwell menceritakan penemu yang dianggap sepele (saos tomat) padahal penemuannya penting, sehingga menjadi terangkat. Bagian kedua tentang teori, prediksi, dan diagnosis (disini ada cerita apa bedanya teka-teki dengan, tap misteri, ada juga tentang tercekat dan panik). Bagian ketiga tentang kepribadian, sifat, dan kecerdasan manusia (ada cerita 'terlambat panas', 'apa yang didapat dari wawancara kerja', dll).

Worth to read, asli! Gladwell mengubah data yang dia punya menjadi sebuah pengetahuan. Karena biasanya pengetahuan bisa didapatkan jika tingkat analisis seseorang sudah terasah. Ditambah dengan pemaparannya yang ringan dan mudah dicerna semakin nambah nilai buku ini. Walaupun background ceritanya banyak dari bidang ekonomi, meskipun awalnya sulit dipahami, tapi seiring terus membacanya malah menambah banyak pengetahuan baru dan cara lihat yang baru juga. 

Sedikit bocoran ceritanya semoga bisa gue share besok ya. Karena masih dalam tahap pengolahan #ea, insyaAllah besok kalo mood diselesaikan :p

0 comments:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com