Rabu, 30 November 2011

Buku Buku Buku






Buku Buku Buku

Wohooo , buku . Kumpulan kertas2 yang berisi kumpulan paragraf2 yang saling berhubungan satu sama lain , yang bisa membuat si pembaca pindah dunia . Oke itu definisi absurd menurut saya .

Saya suka banget sama buku , tapi gatau kenapa kalo sama buku pelajaran kurang bersahabat , hehe .  Bisa dibilang saya dibesarkan dengan lingkungan yang hobi membaca . Sebut saja ayah dan ibu saya yang menularkan hobi mereka ini kepada saya , ya bagaimanapun ini tidak merugikan saya .

Kenapa baca ? Karena dengan membaca saya bisa tau dunia luar, kita bisa pergi ke alam lain , alam buku itu sendiri , autis dengan buku kalo udah masuk ke dunia bukunya . Petualangan gratis , gabutuh duit buat  jalan2 , kecuali buat beli bukunya , kalo bukunya dapet minjem lebih gratis lagi :D.




Saya sendiri merasa bersyukur dibesarkan dengan aura hobi membaca yang sangat tinggi di lingkungan sekitar, mengingat ternyata minat baca anak - anak semakin kesini semakin berkurang, yang cenderung lebih senang untuk bermain dengan mesin digitalnya.

Buku , must thing to bring whenever I go . Yang pasti harus ada buku di tas, buku apapun itu genrenya diterima . Gatau kenapa kalo tas saya kosong ga ada buku bacaan sama sekali , berasa hampa , asa ada yang kurang / ketinggalan . Terus kalo bukunya dibawa pasti di baca di jalan gitu ? Enggak juga sih , saya baca kalo lagi di angkot itu juga kalo di angkot ga ketiduran . Percuma dong berat2in tas ? Kadang mikir gitu sih , tapi lama kelamaan pikiran itu saya tepis, daripada pikiran ga tenang kalo gabawa buku , mending juga dibawa kemana - mana kan ? hehe :D

Booklover atau bookworm kah saya ?
Bookworm ? emmm , kesan yang pertama kepikiran pasti image nya tuh kalo bookworm itu culun , berkacamata, ga gaul , dan pinter tanda seru , ya pinter . Sedangkan saya ? wah kayaknya belum sampe ke tahap bookworm , yang semua buku dilahap dalam jangka waktu tertentu. Eh tapi kalo culun , berkacamata sama ga gaulnya itu bukan saya banget deng ya , saya ma gaul da , Anak Gaul Bandung (?) #apalah -,- .

Saya lebih menyebut diri saya sebagai booklover, bookcollector  . Apa sebabnya ? Buku - buku yang saya punya belum saya baca semua loh , asli ! Kalo dibilang saya beli buku cuma karena nafsu pengen punya dan pengen baca walopun gatau bacanya kapan , itu benar sekali looh .


Saya pikir 'punya dulu baru baca' . Yap , kalo di toko buku ato di pameran buku saya bisa jadi gelap mata , kalo udah suka , udah nge tag , langsung beli . Padahal sebelumnya ngeluarin uang buat beli alat tulis aja susahnya minta ampun , tapi kalo liat buku kayaknya dompetnya meleleh , uangnya keluar sendiri (?) . Karena saya mengikuti asas hidup ayah saya , bukan asas hidup sih , apa ya pikiran kalo ngegalau antara beli ato nggak lebih tepatnya , "daripada nyesel gabeli , mending nyesel beli" .


What its mean ? Kalo nyesel gabeli kan udah ma nyesel , eh barangnya juga ga ada . Kalo nyesel beli , nyesel , tapi barangnya ada , yang gatau mungkin onetime bakal bermanfaat buat kita . Eh tapi , ini cuma prinsip buat hal2 tertentu aja ya , tidak berlaku untuk kegiatan shopping semata , hanya untuk hal - hal yang sifatnya baik. 


Lagian ga rugi juga sih kalo beli buku tapi ga dibaca , setidaknya kita di sebut 'book collector' punya banyak buku , terus bisa dipinjemin ke orang yang mau baca , eh kita juga dapet pahala minjemin bukunya :D, tapi lebih bagus lagi kalo semuanya dibaca , bisa disebut 'bookworm' tapi harus gaul :D .


Satu lagi , wangi buku baru itu enak , aroma kertasnya menusuk sanubari , khas banget , terus ? ya saya jadi suka nyiumin aroma buku baru itu , aneh ya ? biarin :p


Ngomong - ngomong tentang buku nih , saya baru inget kalo intensitas membaca saya akhir - akhir ini jadi berkurang , karena apa ? karena saya lebih sering nanya ke mbah gugel daripada cari bukunya . Terus gatau kenapa jadi agak merasa bersalah gitu . Yah walaupun sekarang ilmu bisa sekali klik langsung ketemu di om gugel , tapi sensenya beda kalo kita bener2 nyari2 sendiri di buku , ngescan perbab dsb . 


Begitupun dengan e-book . However , baca langsung sambil pegang bukunya yang terbuat dari kertas di depan kita itu lebih nyaman daripada baca lewat media , yah meskipun itu iP*d ato tablet sekalipun . Seninya baca buku itu saat kita mendengar halaman yang terbuka satu per satu , terus ngelipet di ujung buku , ngasih tanda kalo kita baru sampe situ bacanya . Ngerusak bukunya sih , tapi kan sekarang udah ada pembatas buku :D . Seni yang lainnya ? aroma bukunya enak ya? Kan kalo baca di media gabisa nyium aroma kertasnya :))) 


Minat jadi penulis ga nih ?
MInat dong pasti minat . Tapi ilmunya masih kurang , jadi harus banyak belajar lagi . Penulis yang hebat seharusnya pembaca yang hebat juga . Bukankah semuanya berbanding lurus, iya kan ? Pembicara yang hebat adalah pendengar yang hebat , begitupun dengan penulis , dia adalah pembaca yang hebat . Saya ? Kan udah dibilangin belum sampe tahap 'banyak ilmu' , masih kuraaaang sekali ilmunya ,masih harus banyak belajar :D . Doain ya :D

Oh ya , saya sama dessy insya Allah mau bikin project. Kita meng'adapt' konsep mas kuntawi aji , we called it 'lendabook' . Bisa ditebak sendiri projectnya seperti apa, dari namanya aja udah ketahuan banget 'meminjamkan buku' . Tapi masih dalam tahap perencanaan sih , hehe doain ya (banyak minta doa) .

The last one , harus siap2 jebol nih dompet bulan ini , ada pameran buku di landmark braga, tgl 29 nov - 5 Des . Harus bawa orang tua nih kesana *evilgrin>:)

Jya ~ saya hari ini kuliah habis ashar , iya habis ashar aja , gada lagi #gapenting #abaikan

5 comments:

Ikra Amesta mengatakan...

"Without going out of my door
I can know all things on earth
With out looking out of my window
I could know the ways of heaven"

Begitu kata The Beatles, walau lagu ini merujuk pada zat halusinogen tapi cukup relevan juga utk ditujukan pada buku. Buku apapun selain buku pelajaran ha ha

Anonim mengatakan...

buku apapun sangat bermnfaat,,,,

zone mengatakan...

mungkin ntar buku bakal hilang dan digantikan pdf dan mw....
:)

Faizah Aulia R mengatakan...

@Ikra Amesta : selain buku pelajaran ! yeah :)))
@zone : pdf ataupun mw , hemm , tapi tetep lebih enak baca buku yg dari kertas :D

Rizki Pradana mengatakan...

postingan2nya sangat menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif ^_^

salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com