Senin, 04 Oktober 2010

The Age of Stupid ?



Hayooh, bingung gak kenapa tiba - tiba si Izzah judulnya jadi frontal gini ? Berani amat zah ? hehehe . Calm down guys, ini cuma perumpamaan zaman sekarang (tetep aja frontal).

Postingan ini dalam rangka ikutan lomba blog di sekolah yang diadakan OSIS SMAN 4 Bandung masa bakti 2010/2011 di kegiatan rutin tahunan yaitu PANCAKE 4 (Pekan Kreativitas Antar Kelas SMAN 4 Bandung) , dan tahun ini sudah menginjak tahun ke - 6 diadakannya kegiatan ini, jadi namanya PANCAKE 46 .

Kalo inget PANCAKE , pasti inget 2 tahun kerja bareng di OSIS sama keluarga OSIS, hehe. Mulai dari PANCAKE 44 sampe PANCAKE 45 . Nah, sekarang ga kerasa udah masuk ke PANCAKE 46, dan saya sudah menginjak tahun ke 3 belajar di SMAN 4 Bandung, yang berarti saya harus lengser dan jadi rakyat biasa.

Berhubung saya ga mungkin ngebantu dalam teknis acara di PANCAKE 46 sama kayak 2 tahun ke belakang, jadi saya berusaha ikutan lomba yang ada di kegiatan tersebut. Jujur aja, ak gabisa ikutan lomba yang lain , karena udah ada perwakilannya di tiap kelas, termasuk dari kelasku, haha. Jadi, saya ikut berpartisipasi di lomba blog aja ya ^^ .

Kenapa judulnya The Age of Stupid ? Secara harfiah kan artinya zaman kebodohan (iya gitu?) , yah kira - kira begitulah judulnya . Sebenarnya judul ini diambil dari salah satu film dokumenter yang pernah saya tonton beberapa bulan yang lalu di museum asia afrika dalam rangka memenuhi nilai sejarah saya yang kurang dari KKM (sedih amat) , biarin, ak kan anak IPA (membela diri) XD #curhat.


Di film ini diceritakan keadaan bumi di beberapa belahan dunia, samplenya adalah negara di Afrika (entah apa lupa negaranya) , India, dan Amerika . Cukup untuk mewakili 3 benua besar di dunia . Dilihat dan dibandingkan dari segi konsumsi air bersih per tahun, dan pendapatan ekonomi per kapita penduduknya .


Jelas aja Afrika berada dalam urutan paling bawah, bahkan bisa dibilang miris , karena konsumsi air bersihnya pun bisa dibilang ga layak untuk ukuran manusia, berbanding terbalik dengan Amerika yang konsumsi air bersihnya jauh di atas Afrika .

Di sini juga diceritakan kalo penyebab semua itu adalah keegoisan dan keserakahan (frontal) manusia di belahan dunia yang lain. Padahal, mereka tahu akibat perbuatan mereka saat ini di masa yang akan datang . Nah, inti film The Age of Stupid tuh, 

"kita tahu, yang kita lakukan salah untuk masa depan, tapi kita ga melakukan sesuatu untuk mencegah atau menghentikannya, kita hanya berdiam diri seakan menunggu kehancuran itu menghampiri kita"

Diliat dari film , cukup membuat tegang loh, ga kalah sama kayak nonton Armageddon ato The Day after tomorrow (promosi)

Nah, apa hubungannya dengan go green ? semoga aja ada :D

Go Green ! Udah pasti banyak stiker, himbauan yang ada dimana - mana tentang Go Green ini . Semboyan - semboyan kayak "ayo sayangi bumi kita" , "lindungi alam demi anak cucu kita" atau yang sebagainya juga udah sering banget kan kita baca di tempat - temant umum ? Kalo yang ga nemu, cari di internet :D .

Apa masalah yang dihadapi bumi kita ? Kalo ga tau berarti ga gaul banget , hidup dimana sihhh ? hahaha. Kalo gatau, tinggal liat TV , cari di Internet, pasti ketemu . Nah udah tau ?  Serem ga sih ? Kalo saya mah jujur serem banget, ngedenger berita Jakarta bakal tenggelam di tahun bla bla bla aja, udah serem banget, apa lagi ngedenger bumi yang bakal tenggelam ?

Sampah yang bertumpukan di mana - mana, polusi udara yang makin lama makin tinggi, bukannya berkurang, pencemaran air yang tingkat pencemarannya makin mengerikan dan banyak hal lainnya yang tanpa kita sadari merupakat akibat ulah kita sendiri.

Ada banyak cara untuk menanggulanginya yang mungkin teman - teman sudah tahu, kayak 3R (Recycle, Reduce , Reuse). Mungkin bosen kali ya ngedenger motto ini terus, dari SMP sampe sekarang ga berubah - berubah mottonya , hehe :D . Udah mah bosen, susah lagi ngejalananinnya apalagi Recycle tuh ! -__-''

Oke, lets try with our own ways . Kita coba cara baru yang lebih efektif, lebih efisien, dan lebih lebih lebih mudah deh buat kita terapkan di kehidupan sehari - hari .
Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk ikut turut serta menjaga bumi kita :


1. Jangan Buang Sampah Sembarangan !
   

artinya jangan buang sampah sembarangan :D
Simpel , sepele , tapi bermanfaat. Enaknya ngebayangin hidup di Indonesia yang jalanannya bebas dari sampah, terus bisa duduk duduk di pinggir sungai yang masih jernih, serasa ada di dorama - dorama jepang yang mainannya di pinggir sungai (ngehayal) . Iya loh, guru SMP saya bilang "bapak mah suka da ngeliat film jepang teh" , udah kegeeran aja, kirain suka sama pemainnya , gataunya .. "soalnya ngeliat jalanan nya teh asa bersih, ga ada sampah" ... *dweeng* , hahaha .Iya sih bener, ayo kita mulai dari ga buang sampah sembarangan. Andaikan setiap orang mau naro sampah pribadinya di tempat sampah, pasti hal ini bisa dicapai .

2. Minimalisir penggunaan plastik
saya bukan kantong plastik
Tau kan, plastik butuh ratusan bahkan ribuan tahun untuk diuraikan dengan tanah ? Nah, kalo penggunaan plastik ditingkatkan, tumpukan sampah plastik yang sebelumnya dikemanain ? Diuraikan nungguin ratusan tahun, dipake juga berbahaya buat kesehatan. Ayo mulai bawa tas belanjaan sendiri kalo belanja, ato kalo ibunya mau ke pasar, kasih tau buat bawa kantong sendiri . Saya juga masih sering lupa sih, masih harus diingetin untuk minimalisir penggunaan plastik ini . Soalnya, temen saya si Galuh paling cerewet kalo belanja ke minimarket, terus pake plastik padahal cuma beli 1 minuman. "langsung minum aja, ato ga masukin tas aja" . Yah, usefull banget kan ? !

3. Save Energy Save Earth 
  
Ehehe, asa kenal lagunya . Lagu kampanye Save Earth Super Junior niih. Yatta , this is it, minimalkan penggunaan listrik di kehidupan sehari - hari. Jangan biarin TV nyala tanpa di tonton, matiin lampu setelah dipakai, matikan lampu di siang hari, cabut peralatan yang menggunakan listrik tapi ga dipake, jangan ngebiarin komputer nyala semaleman . Hehehe , susah ga sih ? Susah, tapi pasti bisa kalo kita mau !
 


4. Hemat berkendaraan
   
Siapa sih yang gamau kemana - mana bawa kendaraan pribadi ? Lebih gampang, lebih bebas lagi . Tapi , tahukah kawan bahwa gas emisi yang dihasilkan kendaraan bisa membuat atmosfir kita bolong ? pasti udah tau doong, kan pinter2 :D . Logikanya, makin banyak pengguna kendaraan bermotor, pasti makin banyak juga gas emisi yang dihasilkan . Hayoo, bolongnya makin banyak dong ? Kutub utara makin cepet mencair dong ? gamau kan gamau ? Nah, mulai dari sekarang bijaklah dalam menggunakan kendaraan pribadi. Bukan melarang untuk menggunakannya, tapi bijaklah dalam penggunaannya . Sekali - sekali pake angkutan umum biar merakyat gitu. Lagian, buat anak - anak SMA , masih mau ngerasain bareng bareng temen kan ? Di angkot biasanya banyak tuh momen momen kayak gitu (pengalaman) , hehehe . Jadi, jangan egois yaah, sekali sekali nyobain angkutan umum , biar ga banyak kendaraan bermotor yang dipake :D .
sebenernya masih banyak hal kecil lainnya yang bisa kita lakukan, tapi berhubung takut postingannya kepanjangan, kita ambil to the point nya aja ya .

INTINYA ADALAH 
Mulailah semua kegiatan hal kecil yang tadi sudah disebutkan dari diri sendiri . Kita ga mungkin buat maksa orang lain untuk melakukannya, tapi kita sendiri tidak melakukannya. Orang lain akan mengikuti apa yang kita lakukan, apabila mereka sudah tahu manfaatnya. Mulai dari saat ini (asa quote AA GYM) , jangan nunggu nanti - nanti, eh nanti malah keburu gas emsisinya makin tinggi, sampah makin nimbun . Tuh kan , gamau ? hehe . 
Nah, setelah kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk mencegahnya, mau kan kita berusaha dari sekarang ? Ga mau kan kita disebut orang dari "the age of stupid" alias masa kebodohan ? 
So, hajimemashou ! 
Ayo dimulai !

Cintai Bumi kita
Sayangi Bumi kita

CHI wa AISHITEIMASU XD
nb : bonus MV Save Energy Save Earth nya Super Junior (bisa diliat apa yang mereka kampanyekan) 


3 comments:

Fadli Hafizulhaq mengatakan...

makasi dah follow blog ku ya...
mari berteman ^^

Rifa Azizah A mengatakan...

aku suka videonya jaaah
sayang gada pacar akunya :(

Unknown mengatakan...

@faddycool : oke , sama sama :)

@rifa azizah a : uoo ? minta aja sini ke aku , hehehe XD

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com