Kamis, 30 September 2010

Celoteh 140 Karakter


Konbanwa minna san , bloggie , long time no see hehe . udah kalah banyak postingannya sama dessy , mau nyusul aahh , hehe

Seperti judul , I want to share my opinion about "celoteh 140 karakter" , yap , this is it twitter . As we know , twitter adalah salah satu jejaring sosial yang untuk saat ini menurut saya , sedang banyak digunakan . Memang dilihat dari tampilan , twitter cukup simple , ringan dan mudah digunakan . 

Bagaimana dengan fungsinya ? I think it usefull enough . Kenapa ? Kalo menurut saya, karena sistemnya mudah . Tinggal di follow, kita dapet info / berita tentang yang kita inginkan , ga harus jadi friend yang nunggu di approve, kecuali kalo si akun tersebut memang di private , ya itu harap sabar aja , tapi biasanya akun yang umum dan menyajikan berita tidak diprivate, jadi lebih mudah .

Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang menurut saya sifatnya mikroblogging. Mirip seperti blog, hanya twitter lebih mini, yah namanya juga mikroblogging, blog dalam ukuran mini, bagi yang sudah memiliki kedua akun ini mungkin bisa mencari persamaannya :D .

  

Yap, mikroblogging dengan hanya bisa menorehkan 140 karakter dalam setiap update status atau berita, bisa dibilang kecil , tapi dampaknya tidak kalah besar dari penggunaan facebook yang merupakan jejaring sosial , yang menurut saya fasilitasnya lebih "perfect" .Di facebook bahkan kita bisa bermain games , tapi bukan maksud saya untuk membandingkan kedua jejaring sosial ini , kali ini lebih ke dampak twitter yang bisa mempengaruhi kehidupan nyata.

Buat yang aktif banget nyari informasi tentang segala sesuatu hal, atau bahkan hobinya, ada beberapa berita yang hanya bisa didapatkan melalui twitter. Atau yang aktif forum, mungkin bisa didapatkan di forum tersebut, tapi tidak semua orang hobby atau addict sama forum, mungkin twitter bisa menjadi alternatif dalam mencari berita. Tinggal follow akun yang memberikan berita, update deh kita.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil dari situs ini, bukan hanya chit chat dan mencari teman yang sehobi lalu ber euforia membicarakan hobi kita. Kita bisa belajar, nyari temen, dapet berita (yang positif tentunya), jualan, promosi, politik, bahkan bisa bermain games. How can it be ? Karena makin banyak pengguna twitter, makin kreatif pula si pengguna .

Eits, sama seperti hal lainnya, ada dampak positif juga ada dampak negatif yang ditimbulkan. Pengguna twitter meningkat dari tahun ke tahun, kalau secara statistik mungkin saya tidak tahu jelas, tapi untuk pengguna twitter yang sudah lama, mungkin bisa dirasakan. Sekarang, twitter sering limit alias over capacity akibat banyak yang menggunakan situs ini. Menurut survey, Indonesia masuk 10 besar pengguna twitter terbesar di dunia. Saya sendiri bingung, apakah internet di Indonesia yang murah atau masyarakat Indonesia yang sudah mampu ? Tapi di sisi lain, masih banyak rakyat yang susah makan #ganyambung . Entahlah, mungkin ini juga bisa dijadikan ukuran ketidakgaptekannya rakyat Indonesia.

Karena Indonesia merupakan salah satu pengguna twitter terbesar, otomatis kita juga harus bisa menjaga nama baik negara kita. Semakin banyak nge - twit, makan twit tersebut akan dihitung oleh mesin twitter dan yang paling banyak di twit akan masuk ke TT (Trending Topic) . Indonesia seringkali memasukkan kosa katanya ke dalam Trending Topic, yang berarti saat itu penggunanya sedang aktif. Mulai dari yang positif sampai yang menurut saya "nggosip ko di twitter" pun pernah masuk ke dalam daftar Trending Topic.

Tidak ada yang salah kalau ingin mencari teman di twitter, hanya saja semuanya ada batasnya. Terkadang ucapan di twitter bisa jauh lebih frontal dan berani daripada di dunia nyata, yah selama bahasa itu masih bisa ditolerir :D

So, what twitter's benefit for you ? Semoga dalam hal yang positif aja yaa :)
Kalo mau kita bisa belajar banyak bahasa, nambah Pengetahuan Umum, ngobrol dengan artis favorit kita kalau bisa memanfaatkan semua jejaring sosial dengan baik :)

Happy twitteran tweeps ;)


6 comments:

Faikar Yura mengatakan...

ih teh ijah templatenya keren!!!

si kaka gadjah mengatakan...

wey iah asa alus tempenya hahahahah

DN. Amelia mengatakan...

ijaaah bawa-bawa nama aku hahahahahhaa

Unknown mengatakan...

saya baru nyoba twitter akhir2 ini . . ,

jadi baru dkit pngalaman d dunia twitter , . .

nice info dech . . , :D

Unknown mengatakan...

ahooo cool template.a ;)

Unknown mengatakan...

@faikar yura + si kaka gadjah : makasih, yang punyanya juga keren XD

@dessy nur amelia : kenapa ? royalti yang ada, udah mejeng di blog aku :P

@Ladida : makasih, banyak info loh di twitter, positif aja makenya :D

@nilam M nagari : yang punya blognya apalgi, keren bangets XD

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com