Sabtu, 29 Juni 2013

Gajah Terbang

*disadur dari buku Berjalan di Atas Cahaya - Hanum Salsabila Rais


gambar dari sini


"Kau tauhu cerita tentang gajah terbang, Hanum ?" tanya Xiao Wei tiba-tiba.

Saya menggeleng. Kembali saya kebingungan apa hubungannya gajah dengan kafe ?
"Bayangkan ketika di suatu jalan yang ramai, tiba-tiba seseorang berteriak lantang . 'Lihat! Ada gajah terbang di langit !' Semua orang mendongak tapi tak melihat apapun. Lalu orang tadi mengatakan, 'Ya Tuhan, apakah kalian punya penyakit mata atu bagaimana ? Masa gajah sebesar itu tdiak bisa kalian lihat ?'. Lalu, satu demi satu orang-orang mulai mengaku melihat si gajah dan ikut-ikutan berteriak lantang. 'Ya, aku melihatnya. Gajahnya berwarna putih.' Tak mau kalah, orang lain menambahkan, 'Ya Tuhan, lihatlah! Ada penunggang di atas gajah itu!'. Lalu orang-orang bersahut-sahutan bahwa mereka menyaksikan apa yang orang lain juga saksikan. Jika kau menjadi salah seorang yang berkerumun tadi, apa yang akan kaukatakan, Hanum ? "


"JIka kau berada dalam situasi tadi, kau akan ragu. Ragu apakah matamu memang tak melihat apa-apa, atau apakah matamu sakit seperti kata orang tadi sehingga kau tak bisa melihat apa-apa.Ragu jika kita menyerukan kau tak melihat apa-apa, kau akan menerima konsekuensi dianggap bodoh atau sakit mata oleh orang lain. Jika kau diam atau ikut-ikutan berteriak bahwa dirimu melihat si gajah terbang, kau melukai nuranimu. Akhirnya kau akan terbawa arus keramaian orang. Mau tak mau kau juga akan bilang kau melihat gajah terbang itu walaupun dengan berat hati karena dirimu sesungguhnya tak melihat apapun, bahkan melihat lalat terbang pun tidak."

-------

Let me say, jangan cuma mau jadi orang yang ikut-ikutan tanpa tau alasan/permasalahan yang sebenarnya terjadi. Yap, akan lebih bijak jika akan men'judge' sesuatu tidak hanya dari sudut pandang 1 pihak, tapi dari pihak lainnya. Banyak faktor yang harus diperhatikan. As we know, kita cuma tau namanya dan sebagai apa dia sekarang , kita tidak tau apa yang sudah dialaminya, yang membuatnya seperti itu. 

Jika anda berada dalam kerumunan tadi, apa yang akan anda katakan ? yang ikut-ikutan bilang 'ada gajah terbang' kah ? atau yang dengan lantang mengatakan 'tidak ada apapun diatas sana' dengan siap menanggung resikonya ?

Nurani tidak pernah berbohong, hanya terlebih sering kita mengabaikannya bahkan menolaknya.

0 comments:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com