Minggu, 21 Februari 2010

Perjalanan 2 Purnama




Sharing (again) , skrang mah tentang buku yg baru beres ak baca . Bukunya dapet minjem dari perpustakaan sekolah tercinta SMAN 4 Bandung .

Perjalanan 2 Purnama or Walk two Moons adalah Novel karangan Sharon Creech , yap , as you know , buat kita pelajar , pasti udah tau , novel ini masuk ke kategori novel terjemahan . Bisa diliat dari nama pengarang , nama tokoh , latar tempat dan waktu n setting yg diambil di dalem novel . Novelnya bisa dibilang tentang pencarian jati diri .

Diceritain , ada 2 orang anak , yg menurut ak , mungkin mereka yang dijadiin "Moons"nya . 2 gadis berusia 13 tahun , Phoebe dan Salamanca . Salamanca anak keturunan Indian asli *ceritanya* , bersahabat sama Phoebe . Salamanca yang notabene anak tunggal , n Phoebe yg punya kakak perempuan .

Diceritain , Salamanca dan nenek kakeknya sedang dalam perjalanan ke Idaho (negara bagian AS) buat ke rumah ibunya , krna ibunya bberapa hari lagi ulang tahun . Nah , selama perjalanan itulah , Salamanca mulai bercerita tentang kehidupannya ke nenek kakeknya . Mulai bercerita tentang Ibunya yang udah pergi lamaaa banget , n udah ga ngasih kabar . Mulai nyeritain tentang Phoebe , sahabatnya yang punya khayalan tingkat tinggi , saking tingginya , imajinasinya kadang kadang di luar batas , dan ga bisa diterima logika , karena bawaannya selalu curigaan terus sama orang lain .

Setiap cerita , pasti ada 1 kasus yang 2 bulan ini hadapin . Saking khayalan si Phoebe ini terlalu tinggi , malah kadang kadang bikin takut si Salamancanya sendiri .

Keseluruhan , ceritanya dikemas dalam bentuk yang menarik , beda dari novel - novel yang lain . Karena , diceritainnya kayak anak anak yang lagi ngedongeng buat kakek neneknya dalam perjalanan jauh . Jadi , kayak setiap kasus flash back , dan seterusnya , sampe mereka akhirnya sampe di tempat tujuan .

Akhir ceritanya yang ga keduga duga , makin bkin buku ini mnarik dan ga nyesel buat dibaca , even pas pertama baca , rada ga ngerti , ni si tokoh utama mau di apain sama si penulisnya . Akhir cerita yg fantastik , bikin ga nyesel baca novel ini .

Mau tau , khayalan si Phoebe yang terlalu tinggi kayak gimana ? Mau tau banyak cerita cerita Indian asli n legendanya kayak gimana ? Mau tau juga khayalan anak anak kecil kayak gimana ? The answer is , just read this one ! Pasti km bakal ter wow wow sama ceritanya , apalgi pas di akhir . :D



Enjoy it , see you next posting :D

0 comments:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com