Jumat, 29 Januari 2010

Organisasi

blogger-emoticon.blogspot.comSesuai judul , cuma mau berbagi pengalaman n sharing aja . Pengalaman apa ? Pengalaman berorganisasi . Yapp , sekarang , lagi pengen berbagi pengalaman tentang pentingnya organisasi .
Ekhm , berhubung ak and my tablemate a.k.a ajeng itu "orang organisasi" , jadi kita sering sharing tentang organisasi kita . Baik itu ak yg di OSIS , ato Ajeng yang di Pramuka . Kita juga sering sharing tentang organisasi kita ber 2 , DKM Al Ghifari .
Dari berbagai masalah yang sering kita obrolin , ak dapet satu kesimpulan ato ringkasan , pentingnya dan manfaat organisasi .
Mau tau ?
Nih , ak jabarin , kalo mw tau :

1. Melatih Kepemimpinan
Sebagai makhluk sosial , udah harusnya , kita bisa mimpin diri sendiri dan orang lain . Kalo ga bisa ? Ya belajar , nah salah satu wadahnya bisa dengan berorganisasi . Jangankan mimpin orang lain , kalo mimpin diri sendiri aja gak bisa , apa jadinya ? Apalagi , ntar kalo kita udah gede *alah* , maksudnya , kalo udah masuk dunia kerja , kita pasti dituntut bwat bisa mimpin orang lain .

2. Melatih Kedisiplinan
Pentiiinnggg banget buat kita bisa disiplin . Disiplin waktu , disiplin pakaian , disiplin kerja , disiplin dll , pokonyamah disiplin weh . Kalo misalnya punya kakak ato tante yg udah kerja , pasti gak heran mereka sering ngomong "aduh , tugasnya belom beres , deadline nya bsok pula" . Nah , buat ngebiasainnya , mulai dari dini harus belajar "bersahabat" sama yang namanya "DEADLINE" a.k.a Garis Mati , atau apapun laah , yang pasti artinya sama : tenggat waktu terakhir ngumpulin tugas . Bedanya sama tugas yg dikasih sama guru tuh , kalo yang ini bener -bener dengan tanggungjawab kita , soalnya yang ngawasin bukan guru , bukan orang tua , tapi rekan *alahrekan* ato partner kita . Kan gengsi , kalo diawasin sama yang seumuran , ato bahkan lebih muda , hahaha *curcol lagi* . Disiplin juga kan berkaitan erat sama yang namanya WAKTU , nah , dsini jga kita belajar bagi waktu yang cuma 24 jam , tapi banyak yg harus dilakukan . Misalnya nih ya , ada 2 orang siswa , sebut aja si A dan si B . Si A , orangnya lempeng lempeng aja , alias ga ikutan organisasi . Yang istilahnya mah "tenggo" , teng langsung go . Terus langsung pulang , dan mengikuti berbagai les yang sudah menanti . Terus si B , orangnya aktiifff pisan , sampe sampe ga bisa lama - lama buat di sekolah gara - gara jam terbangnya *alah* udah tinggi . Nah , pas bagi raport , si A dapet rangking 1 , sedangkan si B dapet rangking 3 . Kalo ak pribadi , pasti lebih salut sama si B , soalnya dia kan sibuk sama organisasinya , tapi ga lupa sama kewajibannya sbagai pelajar , malah dia bisa masuk 3 besar . Kalo yang si A dapet rangking 1 mah ya ga heran , kerjaannya belajaaarrr mulu , di sekolah , les ini itu , sebanding lah yaa sama les ini itunya ,. Jadi , kita harus pinter pinter bagi waktu , lalai sedikit aja , udah ktinggalan ke planet lain kali ya . Lebih keren lagi , kalo organisasinya jempol, terus dapet juara kelas bahkan juara umum . Salut banget lah sama orang yang kayak gini .

3. Belajar Mandiri
Di organisasi , gak mungkin kita cuman mau belajar teorinya aja , kalo kayak gitu , apa bedanya sama belajar di kelas kayak biasa ? Justru , di organisasi dipraktekinnya . Kalo cuma teori , sambil KBM juga bisa . Gak bisa dipungkiri lah ya , kalo kita udah masuk organisasi , pasti ada proker , nah program kerja kan sama aja kyak bikin event . Bikin event butuh fulus , a.k.a money , a.k.a uang . Kalo dananya cukup kecil , bisa lah ya , didanain sama kita , apalagi kalo yang para panitianya tajir - tajir . Wiiihhh , ga usah bingung bingung lagi itu mah nyari uang . Tapiii masalahnya , kalo dana yang kita butuhkan diluar kemampuan kita , terus panitianya gak ada yang tajir - tajir amat , gimanaa ?? *itu mah DL , teu kitu deng* . Minta uang ke orang tua ? Ia , kalo orang tua kita mampu , kalo nggak ? bisa mati dipelototin sambil diceramahin kita . Mau gak mau , kita harus usaha sendiri dong ? Butuh effort yang besar kalo mau bikin acara yang besar juga . Salah satunya , nyari dana buat acara kita . Dana dan Usaha , a.k.a seksi Danus , salah satu seksi yang "difavoritkan" anak - anak . Soalnya , nanggung semua perjalanan acara . Ga ada uang , abang ditendang , eh teu kitu . Ga ada uang , acara ga bakal jalan . Ya ia lah , duit dari mana ? Nah , cara ngedapetin duitnya , kita usaha . Kita pake itung - itungan ekonomi disini *berguna kan , teori di kelas , praktek di lapangan ?* . Nambah lagi belajarnya , bisa sambil survey lapangan, gimana caranya supaya dagangan kita laku , n dapet untung yang banyak dari modal yang sedikit . Sesuai prinsip ekonomi "menggunakan modal sesedikit mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin" . Bisa belajar jadi tukang dagang , bahasa kerennya mah "enteupreneur" . Ceileeehh , udah gaya pake bahasa tingkat tinggi aja ni anak , Pengusaha gituloohh , hahaha . Siapa sih yg ga mau jadi pengusaha ? Tinggal nyuruh nyuruh , kerja bebas , nungguin kucuran rupiahan aja , cring cring cring ,. hahah .

4. Ngelatih Mental
Kadang yah , suka kesel da ngeliat anak yang dibentak dikit langsung nangis nya heboh , dibentaknya bukan sama orang dewasa lagi , sama yg seumuran , haduuhh . *kadang ak jga kalo ga kuat nangis sih , tpi ga lebay (membela diri)* . Biar ga cengeng , dibiasain nghadepin yg beginian . Cemoohan dari orang orang tentang event yang kita buat , ngadepin guru yg ga terlalu ngerti hal beginian *pengalaman* . Pasti di tiap organisasi ada LKS gtu kan , a.k.a Latihan Kepemimpinan Siswa , dimarahin sama senior - senior , hadepin aja , it mah belom seberapa sama yang bakal kita hadepin di luaran sana , nghadepin langsung masyarakat . Apalagi kalo udah di dunia kerja , pasikut sikut sama temen sendiri mah udah biasa , makanyaa , harus kuat mental *sok iyey ngomongnya* .

5. Belajar Kepribadian
Maksudnya , belajar ngendaliin emosi . Jangan dikit dikit pundung , dikit dikit marah , dikit dikit sensi . Yah , semenjak masuk organisasi , ak jga rada mengurangi sifat "kejutekan" dan "kejudesan" ak , walopun ak akui itu tuh susaaaahhhh bangeeettt , da dari sananya ak mah kayak gitu , jadi harus berusaha mati matian ngilangin image itu ! fiuhhh ~~~ *curcol* . Yap , balik lagi ke topik , kalo misalnya d rapat , usul kita gak diterima , biasa aja lagi , nyantei ajaa , namanya juga musyawarah , kan ngambil yg terbaik buat semuanya . Jangan kalo ga diterima , pundungg , gamau ikutan lagi , hahaha . Belajar merendah , gak sombong , gak arogan , gak pundungan , gak jutek , biasain senyum , biasain nyapa , dll . Jadi bisa belajar buat lebih dewasa juga dalam ngadepin masalah . Belajar bersosialisasi sama masyarakat .

6. PD !
Not Perisai Diri , but Percaya Diri ! PD buat ngeluarin unek unek kita , PD buat ngeluarin ide kreativitas kita , dll . PD pas public speaking di dpan kelas :D .

7. Dapet Keluarga
Bukan keluarga kandung yang pasti , keluarga krna kita sering bareng - bareng , walopun agak getek juga ngedenger kata "keluarga" , asaaaa so swiitt gimanaa gtu , geteklah pokonya , hahaha ... Tpi da emang bener , kalo misalnya kita lagi sedih , curhatnya tuh enak , bisa ngasih masukan juga , kalo lagi seneng , semuanya ikut seneng . Kalo lagi futur , dibangkitin semangatnya , saling mengingatkan , hilang 1 teh asa ada yang kurang . Kalo lagi nangis , nangis bareng *teu kitu deng* , dihibur , dll . Jadi semangat lagi deh . Terus kalo kemana - mana bareng bareng , popotoan ajah *pengalaman* hahahaha ....

8. Eksis !
Sebenernya masih banyak keuntungannya , tapi keabisan kata - kata nih , last but not least EKSIS ! yap , bneer banget . Siapa sih yang gamau dikenal ? gamau eksis ? hahaha , nah , ikut organisasi juga bisa eksis . Misalnya nih ya , ada percakapan :

X : "eh Y , tau si Z ga ?"
Y : "si Z yg mana ?"
X : "ih , masa gatau sih , itu si Z yang anak OSIS"
Y : "ohhh, ya tau ... "


tuh kan , eksis , daripada jadi orang invisible di sekolah , mending juga available , jadi banyak yang tau *kayak stat ym aja* . Tpi ini mah bukan keuntungan pertama juga deng , yg awal awal yg brmanfaat banget mah , ini mah cuma keuntungan tambahan doang , jadi kalo mau masuk organisasi jangan cuman karena pengen eksis , okey ?? tapi karna pengen belajar yang di pertama pertama tadi .

Masih banyaakk banget keuntungannya , dan ak juga masih belajar buat bisa kayak gitu , yah , namanya juga proses , hehe ..
Smoga bisa bermanfaat , kalo ga percaya tanya aja sama orang yg ikutan organisasi , apa aja untungya ? Tapi , disamping itu , banyak juga effort alias pengorbanan yang harus kita berikan , jangan liat dari sisi enaknya aja , liat dari sisi yang ga enaknya juga , biar ntar kita ga setengah jalan , cuma tau sisi enaknya aja , eh ditengah jalan tau sisi ga enaknya , ditinggalin aja , jangan gituuu .. Yah , si aku juga masih belajar buat ga kayak gitu , smoga bisa , amin .
Ayo ! hwaiting ! for our future niihh , hoho ...
blogger-emoticon.blogspot.com




2 comments:

sanda mengatakan...

hahaha ijah.... bagus juga hasil writing kamu... tp aku ngerasa kesindir nih di bagian no. 2 (melatih kedisiplinan)
wakakakak...
g ketang, PD bgt saya...
(1..2..3.. SOMBONG)
> trend center baru.. hhehe...
god job jahh....

izzah.izzah mengatakan...

hehe , arigatou sa ,
ini juga lagi semangat banget nulis , hehe ...
hoho , daripada ak ? msih blajar bwt disiplin sa ,
waahh , itu trend yg di habib masih aja dipake , wkwkwk ...

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com