Kamis, 31 Oktober 2013

Mengatur Access Point dengan Menggunakan Linksys

Setelah kemarin-kemarin dibanjiri tugas Sistem Basis Data, kali ini saya akan memposting tugas praktikum jaringan komputer. Pada praktikum kali ini, yang saya (dan rekan-rekan saya) pelajari adalah bagaimana mengatur access point menggunakan Linksys.

Sebelumnya, mari kita bahas dulu, apa yang dimaksud dengan Access Point :D

Access Point, digunakan untuk melakukan pengaturan lalulintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client/server. Biasanya  berbentuk kotak kecil dengan 1 atau 2 antena kecil. Peralatan ini merupakan radio based, berupa receiver dan transmiter yang akan terkoneksi dengan LAN kabel atau broadband ethernet. Saat ini beredar di pasaran adalah access point yang telah dilengkapi dengan router di dalamnya yang biasa disebut wireless router.

Berikut gambarnya : 


sumber : modul praktikum Wireless , Program Ilmu Komputer UPI 2013
Access Point tampak bawah
sumber : modul praktikum Wireless , Program Ilmu Komputer UPI 2013

Barulah sekarang kita akan mulai belajar how to configurate it, sebelumnya alat dan bahan yang kita butuhkan untuk mensettingnya adalah :

1. Access Point
2. Kabel Straight
3. Laptop ber-WIFI

Baiklah, kita mulai kerjanya #naon. 
1. Pertama-tama, kita harus menyalakan Access Pointnya terlebih dahulu dengan menghubungkannya ke AC Power Adapter.

2. Jika Access Point nya sudah pernah digunakan sebelumnya, maka kita tidak perlu lagi menyalakan dan menghubungkannya ke AC Power Adapter lagi dari awal #yaiyalah .-. , tapi kita harus me-restart ulang settingan Acces Pointnya. How ? Press the reset button for 30seconds #halah.  Perhatikan gambar berikut, ditemukan tombol 'Reset' yang berwarna merah. Untuk me-resetnya, kita harus menekan tombol itu, tidak seperti tombol lainnya yang bisa ditekan dengan tangan kosong, yang ini kita harus menggunakan pulpen/pensil atau alat apapun yang bisa masuk  kedalam lubangnya, saat menekan, tunggu sampai 30 detik. Cara mengetahui AP ini sudah direstart ? Ada Lampunya berubah menjadi berwarna kuning (lihat di tampak depan, maaf gaada gambarnya :D)


 

3. Hubungkan Access Point dengan Laptop dengan menggunakan kabel Straight yang sudah disediakan.

4. Atur settingan IP address pada laptop kita. IP address ini harus berada dalam 1 jaringan dengan IP Address Access Point yang sudah diaturnya. Dalam kasus ini,default IP Address di Access Point nya adalah : 192.168.1.1 , maka kita boleh mensetting IP Address laptop kita yang berada dalam 1 jaringan dengan AP nya, contohnya 192.168.1.25

5. Selanjutnya, jika sudah disetting IP Address laptopnya. Maka buka browser kitaa untuk mensetting Access Point yang kita punya. Browsernya bebas, kalo mau pake Internet Explorer juga gapapa asal sabar mah #rasis kkkk. Nah , di browser, ketikkan default alamat IP Access Point nya, ketikkan : 192.168.1.1 , maka dia akan mengelurkan sesuatu seperti ini :

Untuk username dan passwordnya ketikkan : admin , admin
Nah ini dia alasannya kenapa kalo dari awal kita harus setting dari HW nya langsung, supaya kembali ke default factory nya. Karena, sebenernya username dan password saat akan login ke halaman Linksys ini bisa diubah sesuai kemauan user #halah, nah daripada kita bingung nanya2 ke user sebelumnya (kalo udah diubah) lebih baik kita reset to default factory, gitu :D

6. Setelah lolos dari interogasi username dan password, kita akan menemui halaman seperti ini : 
gambar diambil dari modul Praktikum Wireless
*tapi pas praktikum mah ga kayak gini sih, dummy aja lah ya inimah :D*
Karena kita sudah masuk ke halaman setting Access Point, maka kita sudah bisa mengatur do and dont untuk jaringan WIFI kita. 
Karena keterbatasan screen capture sebagai sumber belajar, mari kita bahas submenu satu persatu aja ya, dengan sedikit tips dll :D


  • Pada saat mengganti nama access point, beserta passwordnya, disarankan passwordnya yang sulit diretas oleh user. Untuk kali ini disarankan jadi orang alay dulu. Nah, untuk security nya pun ada berbagai jenis, ada WPA Personal, WPA Enterprise, WPA2 Personal, WPA2 Enterprise, Radius, dan ada jenis WEP. Masing-masing jenis wireless security ini memiliki cara dekripsi password yang berbeda-beda, yang paling lemah dekripsinya adalah WEP , jadi kalo mau pelit wifi ke orang, jangan pake WEP :D
  •  
  • Nah, kalo gambar yang diatas untuk mengatur nama access Point nya, bebas mau diisi apa aja. Disitu  selain Mixed ada jenis-jenis jaringan Wireless lainnya.
  • Lalu disitu ada submenu Wireless MAC Filter, yang berfungsi untuk mencegah dan memperbolehkan device untuk mengakses access point yang kita miliki berdasarkan alamat fisiknya (MAC : Media Access Control). Untuk prevent ada 25, dan yang diizinkan pun maksimal ada 25, jadi totalnya ada 50. Kalo mau sedikit yg diizinkan, berarti isi yang diizinkan saja, dan begitupun sebaliknya.
  • Bagian admin dimana ? Tentu saja ada di submenu administrator. Di submenu ini, kita bisa mengatur profile Access Pointnya. Di submenu ini, kita bisa mengubah username dan password saat kita akan mengakses Linksys ini (saat memasukan IP Address pertama kali), kita bisa melihat log pengakses access pointnya dll. 


Mungkin sekian reviewnya, sebenernya kurang banyak, banyak banget ilmu yang kemaren didapet pas praktikum, tapi emang dasar lagi males nulis, jadi aja lupa dan kelepas lalu dia meleleh begitu saja *apasiih* , yah gitu, jadi hanya bermodalkan ingatan bikinnya :D , smoga bermanfaat ya walaupun cuma sedikit hiks ._.

Pelajaran kan : jangan lupa nyatet apapun keadaannya, karena ilmu itu bagai kuda liar, pengikatnya adalah tulisan, dan jangan lupa diamalkan :D #notetomyself :D

daaah ~

0 comments:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)

 
 
Copyright © [ notulensi ]
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com